Membuat LVM Untuk Partisi Diatas > 2TB

0 comment

Kali ini kami akan bahas mengenai membuat partisi LVM pada drive partition yang memiliki ukuran diatas 2TB. Pada umumnya, baik OS linux saat ini atau yang lebih tua, akan menggunakan Table MBR. Sayangnya ada kelemahan pada MBR yakni limitasi ukuran partisinya.

MBR memiliki limitasi maksimal 2TB per partisi. Hal ini tentu terkadang sudah tidak relevan untuk komputer terutama komputer server yang saat ini memiliki kecenderungan memiliki ukuran drive yang sudah semakin besar.

Dalam konteks penggunaan pada LVM, tentu bisa saja tetap menggunakan Table MBR hanya saja tidak praktis karena sendainya kita memiliki drive semisal 4TB, maka kita perlu membaginya menjadi dua partisi dengan MBR dan menggabungkanya dalam satu Volume group. Hal ini tentu tidak effisien.

Untuk mengatasi hal ini, kita perlu menggunakan table GPT. Table ini umumnya sudah disupport oleh OS linux terbaru. Karena dalam tutorial kali ini kami menggunakan Centos 7, maka bisa kami katakan, anda bisa langsung menggunakan GPT tanpa harus install software pendukungnya.

Langkah Pertama1.
Install parted

yum install parted

Langkah Ke-2.
Tentkan drive yang ingin menggunakan GPT. Misalkn anda ingin menggunakn GPT di drive b atau sdb, gunakan perintah berikut.

parted /dev/sdb mklabel gpt

Langkah ke-3.
Buat partisi baru. Dalam contoh dibawah anda akan membuat partisi sebesar 322 GB pada partisi nomor 1.

# Contoh:
# parted /dev/sdx mkpart primary nomor-partisi size
parted /dev/sdb mkpart primary 1 322GB

Langkah ke-4.
Cek Detail Partisi

#parted /dev/sdb print

Langkah ke-5.
Mengaktifkan LVM pada partisi yang telah disetting untuk table GPT.

#parted /dev/sdb set 1 lvm on

Selanjutnya anda bisa membuat PV, Volume group dan Logical volume seperti biasa pada partisi anda dengan size lebih dari 2TB.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.